Kebersamaan Itu Masih Ada

loading...
(Warga Sedang Kerja Bakti Membuat Jembatan)

Kehidupan diwilayah pedesaan memang tak lepas dari kata Gotong Royong, rasa solidaritas dan kebersamaan  hingga kini masih terpupuk dan  bertahan di tengah kesibukan individu, rasa solidaritas dan rasa memilikipun seakan mengalahkan ego pribadi demi sebuah kerukunan bermasyarakat.

Seperti halnya warga desa Kedungrejo Kecamatan Kerek Kabupaten Tuban ditengah program Alokasi Dana Desa yang dikucurkan pemerintah tiap tahunya, sebagaian warga masih saja berjibaku bergotong royong untuk membenahi fasilitas yang diperuntukan untuk sarana pertanian.

Berbekal dengan rasa tanggung jawab saling memiliki, para warga desa pun rela meninggalkan rutinitasnya guna membuat jembatan penghubung jalan pertanian desa jelang musim tanam tiba.

Ini bukan kali pertama warga membuat jembatan secara bergotong royong, pasalnya jembatan yang terbuat dari deretan bambu tersebut, paling banter hanya dapat bertahan hingga 2 tahun, dan terhitung ini utuk yang ke tiga kalinya warga melakukan hal yang sama guna memperlancar akses jalan pertanian mereka.

Kegiatan yang dilakukan secara bergotong royong tersebut, memang cukup beralasan, karena jembatan yang dibuat warga tersebut, menghubungkan ke tanah garapan mereka yang dalam pemetaanya masuk dalam wilayah desa Jarorejo Kecamatan Kerek Kabupaten Tuban, jadi mayoritas warga penggarap lahan sewaanlah yang melakukan gotong royong tersebut.

(Giat Warga Bergotong Royong)

Susah memang, andai wilayah tempat dibuatnya jembatan tersebut berada diwilayah Kedungrejo, mungkin akan lain ceritanya,meskipun penggarapnya adalah warga Kedungrejo,namun tanah yang digarapnya adalah tanah dalam wilayah Jarorejo sehingga pihak Pemerintah Desa (Pemdes) Kedungrejo pun juga tidak bisa berbuat banyak.

Namun itu semua bukan menjadi permasalahan bagi warga penggarap lahan sewaan tersebut, yang terpenting adalah kebersamaan dalam bergotong royong dapat mereka lakukan bersama, serta kelak disaat musim panen tiba akses jalan yang nanti dipergunakan dapat dilalui tanpa harus turun menyebrang diderasnya aliaran sugai.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *